[Resensi Film] When Two Oscar Winning Actors Met in “Behind The Candelabra”

Behind-the-Candelabra-2013

Liberace: I want to be everything to you, Scott. I want to be father, brother, lover, best friend.

Berkat keisengan saya membuka situs Indieway (sebuah situs teaser review tentang film indie) tiba-tiba saya menemukan harta karun #halah maksudnya film produksi HBO berjudul “Behind The Candelabra”. Diadaptasi dari sebuah buku karya Scott Thorson “My Life With Liberace” yang diterbitkan tidak lama setelah meninggalnya Liberace, buku ini pun juga diangkat berdasarkan pengalaman pribadi Scott ketika tinggal satu atap dengan Liberace.

Michael Douglas as Liberace in a film still from Behind the CandelabraSebenarnya apa sih yang membuat saya ingin nonton? Haduh! Jelas-jelas ada Matt Damon loh, masalahnya disini dia berakting sangat menantang dengan Michael Douglas. Yes, both of them are very well known A-List actors who collaborate in this movie. Menjadi salah satu film yang paling ditunggu di Film Festival Cannes 2013, akting keduanya mendapat kritikan yang sangat baik dari pengamat film (saya juga berpendapat sama!). Menceritakan tentang hubungan tersembunyi selama tahun 1977 – 1987 antara pianis terkenal pada masa itu bernama Liberace dengan seorang remaja yang beranjak dewasa bernama Scott Thorson. Yang membuatnya menarik adalah Liberace berusia 57 tahun sedangkan Scott masih berusia 17 tahun, benar-benar perbedaan usia yang sangat jauh yaitu 40 tahun.

slide13-ytv-WATN-BehindTheCandelabra-ScottThorson-jpg_012104Liberace digambarkan sebagai seorang pria tua flamboyan yang doyan daun muda (terbayang tidak sih kalau Douglas berakting lemah gemulai?), sedangkan Scott digambarkan sebagai seorang pemuda polos (Damon berhasil membuat raut mukanya beneran polos bengong seperti anak kucing yang kehilangan induk #jiah).

Intinya akting mereka berdua oke banget! Too satisfied for me, terutama Michael Douglas.

Glamor, glamor, dan glamor menghiasi keseluruhan cerita, membuat film ini terasa begitu spektakuler. Sedari awal Liberace mengincar Scott karena keluguan dan fisik yang menarik mengingat usianya yang masih kecil (jika dibandingkan Liberace). Pertanyaannya apakah Scott berhasil mengambil hati Liberace sehingga mampu mempertahankan posisi Scott sebagai kekasihnya? Setelah sekian lama berhubungan, akankah nantinya posisi Scott tergantikan oleh orang yang lebih muda dan lebih atraktif darinya? Yang penting adalah apakah Liberace mencintai Scott, karena selama hidupnya Liberace sering gonta-ganti pasangan a.k.a peliharaan #duh !

Spoiler! Saya suka sekali dialog ini karena lucu 😀 :

Liberace: I have an eye for new and refreshing talent.

Scott Thorson: You have an eye for new and refreshing dick. (perhatikan ekspresinya Damon ketika mengucapkan itu) 😛

Behind-the-candelabra

Ceritanya tidak membosankan menurut saya, disamping gaya hidupnya yang menyimpang, film ini juga memperlihatkan bagaimana sepak terjang Liberace sebagai pianis dan entertainer yang begitu dikagumi pada masa itu. This is a very good biography movie to be watched.

Trivia:

1. Sebelum produksi, film ini sempat ditolak oleh beberapa produser besar karena “terlalu gay”. Akhirnya HBO berminat dan mengambil resiko untuk mendanai filmnya. Hasilnya ketika ditayangkan, HBO memperoleh rating penonton paling tinggi sejak tahun 2004).

2. Michael Douglas berumur 68 tahun ketika memerankan Liberace yang berumur 57 tahun, Sedangkan Matt Damon berusia 42 tahun ketika memerankan Scott yang berumur 17 tahun (Damon terpaksa memakai wig agar terlihat lebih muda) 😀

3. Tambahan informasi: di Emmy Awards 2013, Behind The Candelabra menang untuk kategori OUTSTANDING MOVIE OR MINISERIES dan Michael Douglas untuk kategori OUTSTANDING IN LEAD ACTOR IN A MINI SERIES OR MOVIE. Hebatnya Douglas disini bersaing dengan Damon di dalam kategori yang sama!

1876511727363519140613

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s