[Blog/Writing Competition] Berkat Air Asia, Saya Bisa Pergi Kemanapun Saya Mau!

317517_297036376973741_376871424_n

Penerbangan Pertama Kali dengan Air Asia ke Singapore

Sebenarnya saya sudah lama mendengar Air Asia ketika teman kantor saya yang seringkali travelling ke Asia Tenggara mengatakan selalu menggunakan Air Asia karena lebih murah dari maskapai lain, saya sempat berpikir memangnya ada tiket pesawat yang terjangkau? Saya ingin sekali travelling berkat dorongan dari bukunya Trinity “The Naked Traveler” tapi saya sering mengurungkan niat ke luar negeri karena sebelum Air Asia se-booming saat ini, ke Singapore saja harga tiketnya bisa sampai 3 juta dengan maskapai lain, dekat sih kok tapi semahal itu. Tapi keinginan untuk ke luar negeri semakin besar, maka saya putuskan untuk membuat paspor dulu, siapa tahu saya berkesempatan ke luar negeri.

Beberapa bulan kemudian setelah paspor jadi, kalau tidak salah pada tahun 2011 ada promo dari Kuala Lumpur ke Tokyo dengan harga yang terjangkau oleh kantong saya, sambil bertekad ingin ke luar negeri tanpa minta uang dari orang tua, saya pun langsung beli tiket PP dengan kartu kredit. Seketika saya pikir dalam hati “akhirnya ke luar negeri juga!”. Setelah sadar, ternyata paspor saya masih kosong dan belum terisi, takutnya ketika apply visa ke Jepang malah ditolak karena masih belum ada cap dari negara manapun. Akhirnya teman saya menawarkan ke Singapore dan Kuala Lumpur sebagai perdana kami ke luar negeri! Tanpa banyak berpikir, saya langsung beli tiket Jakarta ke Singapore PP dan Kuala Lumpur ke Singapore dengan Air Asia. Saya masih ingat betapa menyenangkannya perasaan saya ketika melewati imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta, kemudian bertemu teman-teman saya untuk bersiap-siap menaiki pesawat! Ini pertama kali-nya saya pergi ke luar negeri sendirian tanpa didampingi orang tua maupun saudara, mungkin banyak orang yang mentertawakan ke-norak-an saya, tapi saya bangga akan hal tersebut. Saya punya kesan yang sangat baik ketika pertama kali menaiki Air Asia, walaupun kursinya tidak se-empuk maskapai elit dan jarak antar kursinya lebih sempit, dengan pelayanan flight attendant yang ramah dan profesional membuat saya merasa lebih nyaman dan bersemangat menanti kedatangan kami di luar negeri.

Setelah perjalanan seru kami di Singapore dan Kuala Lumpur, tiba-lah saat saya menuju Tokyo! penerbangannya menggunakan Air Bus yang kapasitasnya lebih banyak daripada yang biasa saya naiki sebelumnya. Standar pelayanan flight attendant yang tetap profesional seperti maskapai lain membuat saya kembali merasa nyaman. Oh iya, saya menyukai outfit flight attendant pada saat weekend dengan menggunakan jeans, sangat kasual dan santai, saya harap Air Asia tetap mempertahankan ketentuan itu. Sepulangnya dari Tokyo, saya ketagihan menggunakan Air Asia lagi, kali ini saya beli tiket Jakarta ke Phuket PP, kemudian Jakarta ke Bali pada saat promo. Selama saya menaiki Air Asia, saya belum menemukan adanya komplain menurut saya pribadi. Satu hal yang membuat saya terus menggunakan Air Asia adalah standar pelayanan flight attendant yang tidak membuat saya sakit hati. Sebenarnya ada satu kekecewaan yang saya alami yaitu ketika Air Asia menutup rute Jakarta ke HoChiMinh dimana saya sudah beli tiketnya, mereka menawarkan alternatif refund ke kartu kredit atau dideposit untuk beli rute lain, akhirnya saya putuskan me-refund and lagi-lagi Air Asia tidak mengecewakan saya soal ini. Satu lagi yang unik adalah Air Asia mendorong saya agar lebih mandiri mengurus segala sesuatunya seperti web check-in, dan print boarding pass dengan printer sendiri atau scan barcode di mesin yang tersedia di bandara. Sehingga secara tidak langsung, Air Asia melarang saya untuk bersikap manja, hehehe.

Terima kasih Air Asia, berkat anda saya bisa pergi beberapa kali dengan maskapai ini baik international maupun domestik. Saya tidak perlu lagi mengurungkan niat saya untuk pergi karena ada Air Asia yang mampu mewujudkan mimpi-mimpi saya, terutama karena biaya tiket yang terjangkau! Seringkali orang-orang bertanya apakah uang saya banyak makanya saya bisa pergi terus, saya katakan ke mereka untuk cek website Air Asia sebagai bukti bahwa pergi ke luar negeri maupun domestik tidak perlu mahal.

Saat ini saya sedang menanti kepergian saya ke Melbourne tahun depan dengan maskapai Air Asia yang sudah saya beli sebelumnya!

Tulisan ini diikutsertakan dalam “Kompetisi Blog 10 Tahun AirAsia Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s