[Sekedar Bercerita] Tanda-Tandanya Kamu Harus Menyerah Membaca Buku

Tadi pagi saya menemukan artikel yang menarik 10 Signs You Should Give Up On A Book You’re In The Middle Of (No, Really, It’s OK) di internet. Walaupun suka baca buku tapi tidak sedikit juga buku yang tidak saya lanjutkan sampai habis, ternyata hal seperti itu adalah lumrah dan bukan salah saya #mencobangeles

Kebanyakan dari 10 tanda tersebut memang terjadi di diri saya #okepositipsayabookworms

Marii, saya jabarkan opini saya ke 10 tanda-tandanya;

  1. Kamu Benci dengan si Tokoh Utama. Ada 1 buku yang saya baca dimana saya sebal dengan tokoh utamanya, tapi saya berusaha mengerti apa yang melatar-belakangi dia bisa bersikap menyebalkan. Lebih bagus lagi kalau penulisnya menceritakan latar belakang si tokoh, baru-lah saya paham dan malah jadi simpatik karena si tokoh menunjukkan sisi manusiawi-nya. Tapi, kalau si tokoh tidak menunjukkan apapun, yah.. goodbye deh dengan si buku!
  2. Kamu Selalu Tertidur Ketika Sedang Baca. Kecuali kalau benar-benar mengantuk karena lelah, biasanya saya mengantuk karena ceritanya membosankan, plotnya terlalu lambat.
  3. Kamu Baca Buku Lain Selain Buku yang Kamu Baca Sekarang. Atau disebut juga baca tandem-an, saya menghindari multi-tasking dengan baca lebih dari satu buku. Bukannya sok idealis sih tapi sering terjadi saya tertukar tokoh yang seharusnya ada di buku A ternyata di buku B, maupun konfliknya juga sering tertukar 😛 Jadi, saya bertekad hanya satu buku agar lebih fokus pada saat baca sehingga me-reviewnya pun lebih maksimal.
  4. Kamu Sering Menemukan Tata Bahasa yang Salah. Nah! Ini kadang yang mengganggu saya, sering teralihkan gara-gara soal grammar/tata bahasa, kalau sudah begitu saya langsung ilfeel dan memutuskan hubungan dengan si buku.
  5. Kamu Baca Hanya Karena Si Buku Sedang Nge-Hits. Saya pernah terjebak ketika ingin baca buku Fifty Shades of Grey karena doski sedang nge-hits, tapi begitu baca sinopsisnya ternyata tema ceritanya saya tidak suka (you know lhaa..). Poin-nya adalah, bacalah buku yang ingin kamu baca, kamu baca karena suka.
  6. Kamu Bahkan Tidak Tertawa Sama Sekali. Kalau tertawa sih jarang ya karena bacaan saya kebanyakan romance, tapi kalau buku tersebut bisa membuat perasaan saya tercampur aduk barulah saya bilang buku itu bagus!
  7. Kamu Mencari Tahun Ending-nya. Haduh, ini yang bikin saya bingung kenapa ada saja orang yang baca duluan di ending dibandingkan menikmati perasaan roller-coaster seiring cerita berjalan. Kalau sudah penasaran banget, paling saya baca di pertengahan buku tapi pada akhirnya berujung penyesalan karena sensasinya jadi berbeda. It spoiled the mood!
  8. Masih Stuck Membaca Buku yang Tidak Kamu Suka. Kadang terjadi dengan saya. Hanya sayang duit karena sudah beli, saya jadi memaksakan baca bukunya. Seriously, itu benar-benar menyiksa dan mempengaruhi mood sehari-hari saya #lebay
  9. Pikirannya Malah Kemana-Mana Saat Kamu Baca Buku. Kalau sudah seperti itu, artinya saya sudah tidak tertarik dengan bukunya karena faktor-faktor diatas! Tapi saya jarang sekali mengalami ini.
  10. Kamu Menanti si Buku untuk Dibaca. Buku seharusnya menjadi trigger bagi saya untuk dibaca sampai habis, ketika saya menanti buku tersebut maka akan meninggalkan jejak berkesan ketika selesai dibaca. Jangan sampai buku menjadikan kewajiban/paksaan untuk dibaca. Book is a thing that you should enjoy by heart, not your obligation.

And the last words!

~ Reading is supposed to be a fun and relaxing pastime ~

Advertisements

10 comments

  1. Aaaah, aku ada beberapa buku yang belum selesai aku baca. Yang satu baru baca beberapa halaman udah membatin ‘kok ceritanya gini?’ kemudian berhenti membac. yang satunya udah hampir ending baru membatin ‘kok kayak gini sih?’ terus berhenti wkwkw 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s