Eropa Barat Part I: Belanda

Saya jadi feeling guilty ketika menulis ini, karena saya pulang dari Eropa di bulan Agustus tapi baru kesampaian menulis trip Eropa beberapa bulan kemudian dimana adalah hari ini.

Pada saat saya menulis ini, saya sedang diopname karena diagnosa tipes, infeksi lever, ada demam berdarah dan infeksi kelenjar getah bening, penyakit keroyokan ya hahahaha. Setelah tiga malam di rumah sakit saya request dibawakan laptop sama nyokap karena bosan banget! Jadi saya pikir daripada guling-guling diatas tempat tidur ga jelas lebih baik ada kesempatan menulis ini saya kerjakan saja.

Seperti yang sudah saya sounding berulang kali di postingan sebelumnya bahwa trip ke Eropa kali ini saya sendirian, sendirian dalam artian di minggu pertama saya benar-benar sendirian dan di minggu kedua ikut tripnya Claudia Kaunang juga tanpa teman yang saya kenal jadi saya kenal teman baru saat ketemu saja.

Baiklah, seperti biasa saya tidak akan menjabarkan secara berurutan karena Eropa Barat ini kan sudah mainstream ya jadi pasti bakalan bosan bacanya, jadi saya ceritakan kesan saya ketika berada ada disana.

BELANDA

Bisa dibilang negara ini yang paling banyak saya explore kota-kotanya; dari Leiden, Delft, Utrecht, Rotterdam, dan Amsterdam (ga heran biaya transportasi membengkak jadi 1.6 juta selama 5 hari saja XD ). Tips pada saat menggunakan transportasi adalah sebelumnya pastikan mau kemana saja dan setelah itu baru cek fare-nya jadi bisa dimasukkan ke dalam budget. Saya sebel banget karena kartu kereta dan bis yang saya punya tidak bisa top up menggunakan uang kertas melainkan koin atau kartu kredit!! Jadi dengan sangat terpaksa saya pakai kartu kredit yang saya gesek jika saldo-nya sudah habis (dan pakai biaya admin pula, hiks..).

Okaaaay, lupakan soal biaya transportasi yang membengkak. Oia, saya paling naksir sama negara ini. Pertama, orang-orangnya ramah banget, saya dibantu ketika kebingungan top up kartu transportasi (yang pada akhirnya tidak ada solusi karena dia sendiri tidak mengerti, hahahaha), ada mas-mas kasir yang ramah ketika saya menanyakan toko yang jual tas murah karena tali tas saya putus :'((((( dan masih banyak orang-orang Belanda lainnya yang saya temui termasuk Aaron – temennya si host yang ganteng (bukan karena bule terus ganteng loh, ini beneran ganteng untuk ukuran bule, hahahaha), sadar tampang sih tapi untungnya baik hati dan ramah karena sudah menemani saya ngobrol semalaman sebelum saya berangkat ke Schipol besok paginya 😉

Kedua, kota-kota kecil seperti Delft dan Leiden itu homiee dan countryside banget! Nah, ini baru Belanda sejati. Banyak orang-orang bersantai dibawah pohon rindang sepanjang kanal, sepeda-sepeda parkir di jembatan, ada gereja, ada market beserta jajanan pasarnya, intinya saya suka Delft dan Leiden!

DELFT

Seperti kanal di Kota Tua Jakarta ya 😉

LEIDEN

Sudut kota

Cantik!

Sebelumnya transit di stasiun Den Haag, mirip ya sama Stasiun Kota

Amsterdam, kenapa saya kurang suka ya? Kalau disuruh tinggal saya sih pengennya di kota karena akses kemana-mana mudah, tapi kalau mau trip prefer ke countryside. Kota ini crowded banget! Jalanan kotor (mungkin karena ibu kota), dan banyak hippies, Jadi sudah bukan mencerminkan ciri khas negara tersebut, tapi tidak afdol ya kalau tidak ke Amsterdam. Namun kota besar keduanya yaitu Rotterdam justru lebih baik karena lebih bersih. Belum banyak yang saya temui disana paling hanya bangunan modern saja.

ROTTERDAM

Foodcourt (saya lupa namanya) yang lagi nge-hits disana 😉

Beda dengan Delft dan Leiden yang countryside

Rotterdam adalah kota pelabuhan, jadi sering ada kapal kargo berlalu-lalang

AMSTERDAM

Hayoo ini dimana?? 😉

Snack kesukaan~! stroopwafles ❤ apalagi kalau dimakan selagi hangat

Banyak turis di depan istana yang sudah jadi museum, bapak ini merusak pemandangan saja :’D

Bersambung untuk trip ke negara lainnya di Eropa Barat.. 😉

Advertisements

6 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s